Kereta Api

Kereta api adalah salah satu alat transportras darat. Namun, berbeda dengan transportasi darat yang lain yang melaju di atas jakan raya, kereta api berjalan di jalurnya sendiri yang di sebut dengan,  rel.

Kereta api terdiridari beberapa gerbong yang ditarik oleh sebuah lokomotif. Lokomotif memiliki mesin sebagai pengeraknya, sedangkan gerbong tidak memiliki mesin.

Awalnya, Kereta Api adalah pengembangan dari trem kuda, yaitu sejenis kereta kuda yang menarik beberapa rangkaian dan berjalan di atas rel. Trem kuda banyak digunakan di daerah pertambangan untuk menganggkut hasil tambng. Sejak ditemukan mesin uap, mulailah dibuat banyak jenis mesin. Salah satunya adalah lokomtif uap sebagai penganti kuda.


Lokomotif uap menggunakan bahabakar batu bara. Batu bara digunakan untuk memanaskan air dalam ketel uap. Tenaga dari tekanan uap air yang dihasilkan digunahkan untuk memutar roda-roda lokomotif.


 

 

Perkembanga selanjutnya, mesin uap digantikan dengan mesin disel berbahan bakar solar. Daya angkut Kereta Api pun bertambah. Kereta Api disel ini masih abanyak digunakan. Di Indonesia kebanyakan Kereta Api berjarak ajauh menggunakan mesi disel.

Ada juga Kereta Api listrik. Kereta Api jenis ini tidak menggunakan bahan bakar, melainkan menggunakan listrik untuk mengerakan mesinya. Listrik diperoleh dari kabel yang ada di atas rel. Jika terjadi pemadaman listrik maka kereta listrik pun berhenti berjalan.


 

Umumnya rel terdiri dari dua batang besi sejajar yang diletakan di atas bantalan kayu / besi. Namun kini di kota-kota besar terdapat kereta yang berjalan menggunakan satu rel saja. Kereta enis ini bernama Monorail.

Selain digunakan sebagai angutan penumpang, Kereta Api juga digunakan untuk menganggkut kontainer, tangki minyak, material, dan sebagainya.

Kereta Api
Item Reviewed: Kereta Api 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!